06.49

Asupan Buah Cegah Radikal Bebas

ahukah Anda bahwa lebih dari 4,000 kematian prematur dan 1,5 juta serangan penyakit asma di Jakarta disebabkan oleh polusi udara? Angka tersebut tentu saja mengejutkan, terutama karena setiap harinya Anda melakukan perjalanan, baik menuju kantor, rumah atau aktifitas lain.

Hal tersebut diungkapkan oleh DR. Budi Haryanto, SKM., MKM., MSc., seorang pakar lingkungan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

"Data dari United Nations Environmental Programme (UNEP) menunjukkan bahwa pada tahun 2006, jika diakumulasi hanya 26 hari dalam setahun udara DKI Jakarta digolongkan layak dan tidak melampaui polusi yang mematikan. Bahkan, tingkat polusi udara di Indonesia dikatakan sepuluh kali lebih buruk dibanding Amerika Serikat," terangnya dalam sebuah bincang-bincang saat peluncuran kampanye '5 Kebaikan Alami Buavita' di Jakarta, Selasa (5/5).

Fakta tersebut, pastinya membuat masyarakat was-was dan diperlukan informasi lebih lanjut bagaimana untuk mengatasinya. Ditambahkan DR Budi, bahwa masalah lingkungan memang sulit untuk diatasi, tapi paling tidak bisa diatasi dengan mengkonsumsi vitamin dalam jumlah yang cukup.

Menurut Dr. Samuel Oetoro, Sp GK., seorang ahli gizi klinik, untuk menjaga stamina serta kesehatan, penting adanya untuk menerapkan hidup sehat lewat mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi serta rutin berolahraga agar tubuh dapat menangkal radikal bebas yang dilepaskan oleh lingkungan yang tidak bersahabat.

Sayangnya, kebiasaan untuk makan buah di Indonesia rupanya masih minim, padahal asupan buah bisa menangkal radikal bebas. Namun begitu, ditambahkan Dr Samuel bahwa paling tidak konsumsilah tiga jenis buah yang berbeda setiap harinya.

"Baiknya memang mengkonsumsi 10 buah yang berbeda jenis dan warna setiap harinya. Jika belum terbiasa, paling tidak tiga jenis buah bisa diasup secara rutin," terangnya.

Mengatasi masalah tersebut diatas, Buavita hadir sebagai solusi. Kathryn Monika Parapak, selaku Senior Brand Manager Buavita mengungkapkan bahwa ada lima kebaikan alami dari Buavita untuk melindungi diri dari efek buruk radikal bebas. Kelima kebaikan tersebut adalah dibuat dari buah asli, mengandung vitamin esensial, sumber anti oksidan, minuman lezat bergizi, dan dapat membantu memenuhi kebutuhan harian buah.

Sekedar informasi, tahun ini merupakan tahun kedua dimana Buavita mengusung tema hidup sehat. Mengambil hikmah dari kesuksesan kampanye tahun lalu, yaitu kampenye 'Be Frutarian with Buavita' dimana Buavita berhasil mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari masyarakat, Buavita semakin yakin bahwa masyarakat Indonesia sudah mulai tergerak untuk hidup lebih sehat. Untuk itu Darius Sinathrya serta Nirina Zubir, masih terpilih sebagai duta Buavita.

"Kami harap 5 kebaikan yang ada di dalam Buavita dapat berperan sebagai solusi praktis yang bisa membantu membuat perbedaan yang lebih baik dalam hidup kita. Dan semoga rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Buavita dan segenap mitranya akan memberikan inspirasi dan membuat masyarakat Indonesia sadar akan pentingnya hidup sehat," tutup Kathryn. (6 Mei 2009)


Sumber :

http://www.astaga.com/content/asupan-buah-cegah-radikal-bebas

1 September 2009

0 komentar: