07.05

10 Jenis Buah Untuk Lawan Radikal Bebas

Udara di kota-kota besar dipastikan telah tercemar polusi, baik dari asap knalpot atau asap pembakaran lainnya. Dan, sebagai warga kota besar mau tidak mau kita menghirup udara yang telah terkontaminasi polusi setiap hari. Konsekuensinya adalah dalam tubuh kita terdapat banyak radikal bebas yang bisa mengganggu kesehatan dan mempercepat penuaan.

Untuk menghindari polusi udara yang banyak mengandung radikal bebas, sangat tidak mungkin untuk dilakukan. Satu-satunya cara adalah melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dengan zat antioksidan.

Zat antioksidan ini, dapat Anda peroleh dari buah-buahan. Usahakan untuk mengonsumsi buah setiap hari, karena kandungan antioksidannya merupakan senjata bagi tubuh Anda untuk melawan radikal bebas.

"Menurut WHO, setiap orang dianjurkan untuk mengonsumsi minimum tiga jenis buah yang berbeda warna setiap hari. Zat warna pada buah lah yang mengandung antioksidan, dan terdapat pada kulit buah. Untuk itu, kulitnya jangan di kupas saat makan buah," kata dr. Samuel Oetoro Sp.Gk, saat ditemui dalam acara konfrensi pers lima Kebaikan Alami Buavita di FX Lifestyle Center, Jakarta, Selasa 5 Mei 2009.

Dr. Samuel menyarankan setiap pagi sebelum mulai beraktivitas, sebaiknya sarapan dengan jus buah yang terdiri dari campuran 10 jenis buah. Ia mencontohkan semangka, pepaya, jeruk, apel, pir, markisa, melon, blueberri, tomat, dan mangga.

"Awalnya memang sulit, tetapi cobalah tahap demi tahap misalnya hari ini 3 buah besok 4 buah dan begitu seterusnya. Mengonsumsi jus buah pagi hari, sama seperti sarapan, perut Anda akan terasa kenyang dan mampu menjadi senjata untuk melawan radikal bebas yang menempel di tubuh ketika mulai beraktivitas," kata dr. Samuel.

Zat radikal bebas membuat tubuh menjadi mudah terkena penyakit dan cepat mengalami penuaan. Penuaan tidak hanya pada kulit tetapi juga organ-organ tubuh dan menyebabkan Anda mudah terkena penyakit degeneratif. (6 Mei 2009)

Sumber :

http://kosmo.vivanews.com/news/read/55259-10_jenis_buah_untuk_lawan_radikal_bebas

1 September 2009

0 komentar: